Senin, 02 November 2009

Motivasi

Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan sesorang ke arah suatu tujuan.Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul,terarah,dan mempertahankan perilaku,menurut " Kartini Kartono" motivasi menjadi dorongan ( driving force ) terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu.
  1. Macam - Macam Motivasi :
  • Teori motivasi kepuasan : adalah teori yang hanya dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasaan kerja baik secara biologis maupun psikologis. Yaitu bagaimana mempertahankan hidupnya.
  • Teori motivasi proses : adalah teori ini berusaha agar setiap pekerja giat sesuai dengan harapan organisasi perusahaan.
  • Teori motivasi prestasi : teori ini menyatakan bahwa seorang pekerja memiliki energi potensial yang dapat dimanfaatkan tergantung pada dorongan motivasi,situasi,dan peluang yang ada.
  • Teori Abraham H.Maslow ( Teori Humanistik ) yaitu : Kebutuhan yang bersifat fisiologis ( lahiriyah ),kebutuhan keamanan dan keselamatan kerja ( safety needs ),kebutuhan sosial ( social needs ),kebutuhan akan prestasi ( esteem needs ),Kebutuhan aktualisasi diri ( Self actualization )

2. Pengertian Teori Drive

Secara umum teori - teori drive mengatakan hal- hal berikut : ketika suatu keadaan dorongan internal muncul,individu didorong untuk mengaturnya dalam perilaku yang akan mengarah ke tujuan yang mengurangi intensitas keadaan yang mendorong. Pada manusia dapat mencapai tujuan yang memadai yang mengurangi keadaan dorongan apabila dapat menyenangkan dan memuaskan.

3. Teori Pengukuhan ( Reinforcement Theory )

Teori ini mempunyai dua aturan pokok : aturan pokok yang berhubungan dengan perolehan jawaban - jawaban yang benar dan aturan pokok yang lain yang berhubungan dengan penghilangan - penghilangan jawaban yang salah. Pengukuran dapat terjadi positif atau negativ.

4. Teori Harapan

Teori ini diciptakan oleh " David Nadler & Edwar Lawler " yang didasarkan pada empat asumsi mengenai perilaku dalam organisasi,yaitu :Perilaku ditentukan oleh kombinasi antara faktor - faktor yang terdapat dalam diri orang dan faktor - faktor yang terdapat di lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar